Asal Usul Pencak Silat Di Jawa Barat
Sejarah Pencak Silat di Jawa
Barat
Berdasarkan alirannya, beladiri
Pencak Silat yang ada di Jawa Barat dibagi berdasarkan beberapa aliran.
Diantaranya Cimande, Cikalong, Syahbandar dan beberapa aliran lainnya lagi. Pencak
Silat Cimande untuk pertamakalinya disebarkan oleh Sakir penduduk Kecamatan
Mande Kabupaten Cianjur. Sakir adalah salah seorang tokoh Pencak Silat, serta
ilmu kebatinan Sakir dikenal “luhung elmu”nya. Karenanya, Sakir sangat disegani
masyarakat. Penduduk setempat menganggap Sakir sebagai orang tua mereka
sendiri. Banyak pula muridnya yang sengaja belajar Pencak Silat. Pada saat itu
yang memerintah Kabupaten Cianjur ialah Bupati R. Aria Wiratanudatar II sebagai
Bupati yang ke V dari keturunannya. R. Aria Wiratanudatar II juga dikenal
dengan sebutan Dalem Enoh, memerintah Kabupaten Cianjur antara tahun 1776-1813.
Setelah diketahui Dalem, diangkatlah Sakir menjadi guru Pencak Silat dan
keamanan di Kabupaten. Diantara muridnya yang termashur ialah putra dalem Enoh
yang bernama R. Wiranaga yang mendapat julukan Aria Cikalong.
sejarah silat cimande
Semua komunitas Maenpo Cimande
sepakat tentang siapa penemu Maenpo Cimande, semua mengarah kepada Abah Khaer
(penulisan ada yang: Kaher, Kahir, Kair, Kaer dsb. Abah dalam bahasa Indonesia
berarti Eyang, atau dalam bahasa Inggris Great Grandfather). Tetapi yang sering
diperdebatkan adalah dari mana Abah Khaer itu berasal dan darimana dia belajar
Maenpo. Ada 3 versi utama yang sering diperdebatkan, yaitu:
1. Versi Pertama
Ini adalah versi yang berkembang di
daerah Priangan Timur (terutama meliputi daerah Garut dan Tasikmalaya) dan juga
Cianjur selatan. Berdasarkan versi yang ini, Abah Khaer belajar Silat dari
istrinya. Abah Khaer diceritakan sebagai seorang pedagang (dari Bogor sekitar
abad 17-abad 18) yang sering melakukan perjalanan antara Batavia, Bogor,
Cianjur, Bandung, Sumedang, dsb. Dan dalam perjalanan tersebut beliau sering
dirampok, itu terjadi sampai istrinya menemukan sesuatu yang berharga.
Suatu waktu, ketika Abah Khaer
pulang dari berdagang, beliau tidak menemukan istrinya ada di rumah… padahal
saat itu sudah menjelang sore hari, dan ini bukan kebiasaan istrinya
meninggalkan rumah sampai sore. Beliau menunggu dan menunggu… sampai merasa
jengkel dan khawatir… jengkel karena perut lapar belum diisi dan khawatir
karena sampai menjelang tengah malam istrinya belum datang juga.
Akhirnya tak lama kemudian istrinya
datang juga, hilang rasa khawatir… yang ada tinggal jengkel dan marah. Abah
Khaer bertanya kepada istrinya… “ti mana maneh?” (Dari mana kamu?) tetapi tidak
menunggu istrinya menjawab, melainkan langsung mau menempeleng istrinya. Tetapi
istrinya malah bisa menghindar dengan indahnya, dan membuat Abah Khaer
kehilangan keseimbangan. Ini membuat Abah Khaer semakin marah dan mencoba terus
memukul… tetapi semakin mencoba memukul dengan amarah, semakin mudah juga
istrinya menghindar. Ini terjadi terus sampai Abah Khaer jatuh kecapean dan
menyadari kekhilafannya… dan bertanya kembali ke istrinya dengan halus “ti mana
anjeun teh Nyi? Tuluy ti iraha anjeun bisa Ulin?” (Dari mana kamu? Lalu dari
mana kamu bisa “Main”?).
Akhirnya istrinya menjelaskan bahwa
ketika tadi pagi ia pergi ke sungai untuk mencuci dan mengambil air, ia melihat
Harimau berkelahi dengan 2 ekor monyet. (Salah satu monyet memegang ranting
pohon.) Saking indahnya perkelahian itu sampai-sampai ia terkesima, dan
memutuskan akan menonton sampai beres. Ia mencoba mengingat semua gerakan baik
itu dari Harimau maupun dari Monyet, untungnya baik Harimau maupun Monyet
banyak mengulang-ngulang gerakan yang sama, dan itu mempermudah ia mengingat
semua gerakan. Pertarungan antara Harimau dan Monyet sendiri baru berakhir
menjelang malam.
Setelah pertarungan itu selesai, ia masih terkesima dan dibuat takjub oleh apa yang ditunjukan Harimau dan Monyet tersebut. Akhirnya ia pun berlatih sendirian di pinggir sungai sampai betul-betul menguasai semuanya (Hapal), dan itu menjelang tengah malam.
Setelah pertarungan itu selesai, ia masih terkesima dan dibuat takjub oleh apa yang ditunjukan Harimau dan Monyet tersebut. Akhirnya ia pun berlatih sendirian di pinggir sungai sampai betul-betul menguasai semuanya (Hapal), dan itu menjelang tengah malam.
Apa yang ia pakai ketika menghindar
dari serangan Abah Khaer, adalah apa yang ia dapat dari melihat pertarungan
antara Harimau dan Monyet itu. Saat itu juga, Abah Khaer meminta istrinya
mengajarkan beliau. Ia berpikir, 2 kepala yang mengingat lebih baik daripada
satu kepala. Ia takut apa yang istrinya ingat akan lupa. Beliau berhenti
berdagang dalam suatu waktu, untuk melatih semua gerakan itu, dan baru
berdagang kembali setelah merasa mahir. Diceritakan bahwa beliau bisa
mengalahkan semua perampok yang mencegatnya, dan mulailah beliau membangun
reputasinya di dunia persilatan.
Jurus yang dilatih:
1. Jurus Harimau/Pamacan (Pamacan, tetapi mohon dibedakan pamacan yang “black magic” dengan jurus pamacan. Pamacan black magic biasanya kuku menjadi panjang, mengeluarkan suara-suara aneh, mata merah dll. Silakan guyur aja dengan air kalau ketemu yang kaya gini. ).
2. Jurus Monyet/Pamonyet (Sekarang sudah sangat jarang sekali yang mengajarkan jurus ini, dianggap punah. Saya sendiri sempat melihatnya di Tasikmalaya, semoga beliau diberi umur panjang, kesehatan dan murid yang berbakti sehingga jurus ini tidak benar-benar punah).
3. Jurus Pepedangan (ini diambil dari monyet satunya lagi yang memegang ranting).
1. Jurus Harimau/Pamacan (Pamacan, tetapi mohon dibedakan pamacan yang “black magic” dengan jurus pamacan. Pamacan black magic biasanya kuku menjadi panjang, mengeluarkan suara-suara aneh, mata merah dll. Silakan guyur aja dengan air kalau ketemu yang kaya gini. ).
2. Jurus Monyet/Pamonyet (Sekarang sudah sangat jarang sekali yang mengajarkan jurus ini, dianggap punah. Saya sendiri sempat melihatnya di Tasikmalaya, semoga beliau diberi umur panjang, kesehatan dan murid yang berbakti sehingga jurus ini tidak benar-benar punah).
3. Jurus Pepedangan (ini diambil dari monyet satunya lagi yang memegang ranting).
Cerita di atas sebenarnya lebih
cenderung mitos, tidak bisa dibuktikan kebenarannya, walaupun jurus-jurusnya
ada. Maenpo Cimande sendiri dibawa ke daerah Priangan Timur dan Cianjur Selatan
oleh pekerja-pekerja perkebunan teh. Hal yang menarik adalah beberapa perguruan
tua di daerah itu kalau ditanya darimana belajar Maenpo Cimande selalu menjawab
“ti indung” (dari ibu), karena memang mitos itu mempengaruhi budaya setempat,
jadi jangan heran kalau di daerah itu perempuan pun betul-betul mempelajari
Maenpo Cimande dan mengajarkannya kepada anak-anak atau cucu-cucunya, seperti
halnya istrinya Abah Khaer mengajarkan kepada Abah Khaer.
Perkembangannya Maenpo Cimande
sendiri sekarang di daerah tersebut sudah diajarkan bersama dengan aliran lain
(Cikalong, Madi, Kari, Sahbandar, dll). Beberapa tokoh yang sangat disegani
adalah K.H. Yusuf Todziri (sekitar akhir 1800 – awal 1900), Kiai Papak (perang
kemerdekaan, komandannya Mamih Enny), Kiai Aji (pendiri Gadjah Putih Mega Paksi
Pusaka, perang kemerdekaan), Kiai Marzuk (Maenpo H. Marzuk, jaman penjajahan
Belanda), dll.
2. Versi Kedua Menurut versi kedua,
Abah Khaer adalah seorang ahli maenpo dari Kampung Badui. Beliau dipercayai
sebagai keturunan Abah Bugis (Bugis di sini tidak merujuk kepada nama suku atau
daerah di Indonesia Tengah). Abah Bugis sendiri adalah salah seorang Guru ilmu
perang khusus dan kanuragaan untuk prajurit pilihan di Kerajaan Padjadjaran
dahulu kala. Kembali ke Badui, keberadaan Abah Khaer di Kampung Badui
mengkhawatirkan sesepuh-sesepuh Kampung Badui, karena saat itu banyak sekali
pendekar-pendekar dari daerah lain yang datang dan hendak mengadu jurus dengan
Abah Khaer, dan semuanya berakhir dengan kematian.
Kematian karena pertarungan di tanah
Badui adalah merupakan “pengotoran” akan kesucian tanah Badui. Karena itu,
pimpinan Badui (biasa dipanggil Pu’un) meminta Abah Khaer untuk meninggalkan
Kampung Badui, dengan berat hati… Abah Khaer pun pergi meninggalkan Kampung
Badui dan bermukim di desa Cimande-Bogor. Tetapi, untuk menjaga rahasia-rahasia
Kampung Badui (terutama Badui dalam), Abah Khaer diminta untuk membantah kalau
dikatakan dia berasal dari Badui, dan orang Badui (Badui dalam) pun semenjak
itu diharamkan melatih Maenpo mereka ke orang luar, jangankan melatih…
menunjukan pun tidak boleh. Satu hal lagi, Abah Khaer pun berjanji untuk
“menghaluskan” Maenpo nya, sehingga tidak ada lagi yang terbunuh dalam
pertarungan, dan juga beliau berjanji hanya akan memakai dan memanfaatkannya
untuk kemanusiaan.
Oleh karena itu, dahulu beberapa Guru-guru Cimande tua tidak akan menerima bayaran dari muridnya yang berupa uang, lain halnya kalau mereka memberi barang… misal beras, ayam, gula merah atau tembakau sebagai wujud bakti murid terhadap Guru. Barang-barang itupun, oleh Guru tidak boleh dijual kembali untuk diuangkan.
Oleh karena itu, dahulu beberapa Guru-guru Cimande tua tidak akan menerima bayaran dari muridnya yang berupa uang, lain halnya kalau mereka memberi barang… misal beras, ayam, gula merah atau tembakau sebagai wujud bakti murid terhadap Guru. Barang-barang itupun, oleh Guru tidak boleh dijual kembali untuk diuangkan.
Versi kedua ini banyak diadopsi oleh
komunitas Maenpo dari daerah Jawa Barat bagian barat (Banten, Serang, Sukabumi,
Tangerang, dsb). Mereka juga mempercayai beberapa aliran tua di sana awalnya
dari Abah Khaer, misalnya Sera. Penca Sera berasal dari Uwak Sera yang
dikatakan sebagai salah seorang murid Abah Khaer (ada yang mengatakan anak,
tetapi paham ini bertentangan dengan paham lain yang lebih tertulis). Penca
Sera sendiri sayangnya sekarang diakui dan dipatenkan di US oleh orang
Indo-Belanda sebagai beladiri keluarga mereka.
3. Versi Ketiga
Versi ketiga inilah yang “sedikit” ada bukti-bukti tertulis dan tempat yang lebih jelas. Versi ini pulalah yang dipakai oleh keturunan beliau di Kampung Tarik Kolot – Cimande (Bogor). Meskipun begitu, versi ini tidak menjawab tuntas beberapa pertanyaan, misal: Siapa genius yang menciptakan aliran Maenpo ini yang kelak disebut Maenpo Cimande.
Versi ketiga inilah yang “sedikit” ada bukti-bukti tertulis dan tempat yang lebih jelas. Versi ini pulalah yang dipakai oleh keturunan beliau di Kampung Tarik Kolot – Cimande (Bogor). Meskipun begitu, versi ini tidak menjawab tuntas beberapa pertanyaan, misal: Siapa genius yang menciptakan aliran Maenpo ini yang kelak disebut Maenpo Cimande.
Abah Khaer diceritakan sebagai murid
dari Abah Buyut, masalahnya dalam budaya Sunda istilah Buyut dipakai
sebagaimana “leluhur” dalam bahasa Indonesia. Jadi Abah Buyut sendiri merupakan
sebuah misteri terpisah, darimana beliau belajar Maenpo ini… apakah hasil
perenungan sendiri atau ada yang mengajari? Yang pasti, di desa tersebut…
tepatnya di Tanah Sareal terletak makam leluhur Maenpo Cimande ini… Abah Buyut,
Abah Rangga, Abah Khaer, dll.
Abah Khaer awalnya berprofesi sebagai pedagang (kuda dan lainnya), sehingga sering bepergian ke beberapa daerah, terutama Batavia. Saat itu perjalanan Bogor-Batavia tidak semudah sekarang, bukan hanya perampok… tetapi juga Harimau, Macan Tutul dan Macan Kumbang. Tantangan alam seperti itulah yang turut membentuk beladiri yang dikuasai Abah Khaer ini. Disamping itu, di Batavia Abah Khaer berkawan dan saling bertukar jurus dengan beberapa pendekar dari China dan juga dari Sumatra. Dengan kualitas basic beladirinya yang matang dari Guru yang benar (Abah Buyut), juga tempaan dari tantangan alam dan keterbukaan menerima kelebihan dan masukan orang lain, secara tidak sadar Abah Khaer sudah membentuk sebuah aliran yang dasyat dan juga mengangkat namanya.
Abah Khaer awalnya berprofesi sebagai pedagang (kuda dan lainnya), sehingga sering bepergian ke beberapa daerah, terutama Batavia. Saat itu perjalanan Bogor-Batavia tidak semudah sekarang, bukan hanya perampok… tetapi juga Harimau, Macan Tutul dan Macan Kumbang. Tantangan alam seperti itulah yang turut membentuk beladiri yang dikuasai Abah Khaer ini. Disamping itu, di Batavia Abah Khaer berkawan dan saling bertukar jurus dengan beberapa pendekar dari China dan juga dari Sumatra. Dengan kualitas basic beladirinya yang matang dari Guru yang benar (Abah Buyut), juga tempaan dari tantangan alam dan keterbukaan menerima kelebihan dan masukan orang lain, secara tidak sadar Abah Khaer sudah membentuk sebuah aliran yang dasyat dan juga mengangkat namanya.
Saat itu (sekitar 1700-1800) di
Cianjur berkuasa Bupati Rd. Aria Wiratanudatar VI (1776-1813, dikenal juga
dengan nama Dalem Enoh). Sang Bupati mendengar kehebatan Abah Khaer, dan
memintanya untuk tinggal di Cianjur dan bekerja sebagai “pamuk” (pamuk=guru
beladiri) di lingkungan Kabupatian dan keluarga bupati. Bupati Aria Wiratanudatar
VI memiliki 3 orang anak, yaitu: Rd. Aria Wiranagara (Aria Cikalong), Rd. Aria
Natanagara (Rd.Haji Muhammad Tobri) dan Aom Abas (ketika dewasa menjadi Bupati
di Limbangan-Garut). Satu nama yang patut dicatat di sini adalah Aria
Wiranagara (Aria Cikalong), karena beliaulah yang merupakan salah satu murid
terbaik Abah Khaer dan nantinya memiliki cucu yang “menciptakan” aliran baru
yang tak kalah dasyat.
Sepeninggal Bupati Aria
Wiratanudatar VI (tahun 1813), Abah Khaer pergi dari Cianjur mengikuti Rd. Aria
Natanagara yang menjadi Bupati di Bogor. Mulai saat itulah beliau tinggal di
Kampung Tarik Kolot – Cimande sampai wafat (Tahun 1825, usia tidak tercatat).
Abah Khaer sendiri memiliki 5 orang anak, seperti yang dapat dilihat di bawah
ini. Mereka inilah dan murid-muridnya sewaktu beliau bekerja di kabupaten yang
menyebarkan Maenpo Cimande ke seluruh Jawa Barat.
. Dan ini adalah gambaran dari salah seorang anak Rd. Aria Wiratanudatar VI, yaitu Aom Abas, yang setelah menjadi Bupati di Limbangan Garut juga bergelar Rd. Aria Wiratanudatar.
. Dan ini adalah gambaran dari salah seorang anak Rd. Aria Wiratanudatar VI, yaitu Aom Abas, yang setelah menjadi Bupati di Limbangan Garut juga bergelar Rd. Aria Wiratanudatar.
Sayangnya image tentang Abah Khaer
sendiri tidak ada, cuma digambarkan bahwa beliau: “selalu berpakain kampret dan
celana pangsi warna hitam. Dan juga beliau selalu memakai ikat kepala warna
merah, digambarkan bahwa ketika beliau “ibing” di atas panggung penampilannya
sangat expressif, dengan badan yang tidak besar tetapi otot-otot yang berisi
dan terlatih baik, ketika “ibing” (menari) seperti tidak mengenal lelah.
Terlihat bahwa dia sangat menikmati tariannya tetapi tidak kehilangan
kewaspadaannya, langkahnya ringan bagaikan tidak menapak panggung, gerakannya
selaras dengan kendang (“Nincak kana kendang” – istilah sunda). Penampilannya
betul-betul tidak bisa dilupakan dan terus diperbincangkan.” (dari cerita/buku
Pangeran Kornel, legenda dari Sumedang, dalam salah satu bagian yang
menceritakan kedatangan Abah Khaer ke Sumedang, aslinya dalam bahasa Sunda,
pengarang Rd Memed Sastradiprawira).
Cat: lain kali saya posting soal apa itu pangsi dan kampret seperti yang dipakai Abah Khaer yang diduga mempengaruhi cara berpakain pesilat-pesilat sekarang terutama dari Sunda.
Cat: lain kali saya posting soal apa itu pangsi dan kampret seperti yang dipakai Abah Khaer yang diduga mempengaruhi cara berpakain pesilat-pesilat sekarang terutama dari Sunda.
jurus-jurus silat cimande
1. Jurus Kelid Cimande.
1. Jurus Kelid Cimande.
1.tonjok bareng,
2.tonjok saubelah,
3.kelid selup,
4.timpah seubelah,
5.timpah serong ,
6.timpah duakali,
7.batekan,
8.teke tampa,
9.teke purilit
10.tewekan,
11.kedutan,
12.guaran,
13.kedut guar
14.kelid dibeulah
15.selup dibeulah,
16,kelid tonjok
17.selop tonjok
18.kelid tilu,
19.selup tilu
20.kelid lima
21.selup lima
22 peuncitan,
23.timpah bohong
24.serong panggul,
25.serong guwil,
26.serong guar,
27.singgul serong,
28.singgul sebelah,
29.sabet pedang,
30.beulit kacang,
31.beulit jalak pengkor
32.pakala alit
33.pakala gede
2.tonjok saubelah,
3.kelid selup,
4.timpah seubelah,
5.timpah serong ,
6.timpah duakali,
7.batekan,
8.teke tampa,
9.teke purilit
10.tewekan,
11.kedutan,
12.guaran,
13.kedut guar
14.kelid dibeulah
15.selup dibeulah,
16,kelid tonjok
17.selop tonjok
18.kelid tilu,
19.selup tilu
20.kelid lima
21.selup lima
22 peuncitan,
23.timpah bohong
24.serong panggul,
25.serong guwil,
26.serong guar,
27.singgul serong,
28.singgul sebelah,
29.sabet pedang,
30.beulit kacang,
31.beulit jalak pengkor
32.pakala alit
33.pakala gede
2. Jurus Pepedangan Cimande.
– elakan sebeulah
– selup kuriling
– jagangan
– tagongan
– piceunan
– balungbang
– balumbang
– sabeulah
– opat likur
– buang dua kali
– selup kuriling langsung
– selop bohong.
– elakan sebeulah
– selup kuriling
– jagangan
– tagongan
– piceunan
– balungbang
– balumbang
– sabeulah
– opat likur
– buang dua kali
– selup kuriling langsung
– selop bohong.
3. Jurus Telapak Selancar.
Leluhur cimande
Yang sudah meninggal dan terletak di
Kabupaten Bogor :
.
1. Embah Haji Abdullah Somad (Ayah Otjod)
2. Embah Atje (Ayah Atje)
3. Embah Rangga (Eyang Rangga)
4. Embah Ursi (Ayah Ursi)
5. Embah Karta Singa
.
Yang sudah meninggal dan terletak di Kota Madya Bogor :
.
1. Embah Haji Abdullah Somad (Ayah Otjod)
2. Embah Atje (Ayah Atje)
3. Embah Rangga (Eyang Rangga)
4. Embah Ursi (Ayah Ursi)
5. Embah Karta Singa
.
Yang sudah meninggal dan terletak di Kota Madya Bogor :
1. Embah Khoer (Embah Khair) – Tanah
Sareal Bogor (Kebun Raya)
2. Embah Dato – Bantar Jati Kaum
3. Embah Djapra – Kebun Raya Bogor
4. Embah Dalem – Batu tulis Bogor
5. Embah Jair – Bantar jati timur – Bogor
.
Di Kecamatan Semplak :
.
1. Embah Raden Harun Semplak Kaum
.
Di Kaum Pandak :
.
1. Embah Raden
.
Di Pelabuhan Ratu :
.
1. Embah H. Wali Sakti Kodratullah (leluhur Sukawayana)
2. Embah Genter Bumi
3. Embah Sukmawijaya
4. Embah Angka Jaya Sakti
5. Embah Rembang Karang Hawu
6. Embah Angguh
7. Eyang Sungsang Layang Laut Kidul
.
Di Kab. Cianjur :
.
1. Embah Dalam Cikundul Wiratanudatar
2. Aom Djamhur
3. Abah Sera
4. Abah Madi
5. Abah Kardi
6. Abah Kalong
7. Abah Kando
.
Di Kab. Sumedang :
.
1. Embah Djaka Raksa
2. Embah Djoko Perkasa
.
Di Kab. Garut :
.
1. Sunan Rahmat Leuweung Sancang Gadog Suci (Prabu Kean Santang)
2. Abah Madi
3. Abah Kari
4. Syah Abdul Muhyi – Pamijahan Tasikmalaya – Garut – Gosong Suci – syeh Djafar Sidik
.
Di Kab. Cirebon :
.
1. Susuhunan Kasepuhan
2. Susuhunan Kenoman
3. Susuhunan Cirebonan (Sunan Kecirebonan)
4. Syeh Syarief Hidayatullah (Syeh Mudaim)
5. Syeh Saikodirjaelani
6. Nyi MAs Panatagama
.
Di Seda Palembang :
2. Embah Dato – Bantar Jati Kaum
3. Embah Djapra – Kebun Raya Bogor
4. Embah Dalem – Batu tulis Bogor
5. Embah Jair – Bantar jati timur – Bogor
.
Di Kecamatan Semplak :
.
1. Embah Raden Harun Semplak Kaum
.
Di Kaum Pandak :
.
1. Embah Raden
.
Di Pelabuhan Ratu :
.
1. Embah H. Wali Sakti Kodratullah (leluhur Sukawayana)
2. Embah Genter Bumi
3. Embah Sukmawijaya
4. Embah Angka Jaya Sakti
5. Embah Rembang Karang Hawu
6. Embah Angguh
7. Eyang Sungsang Layang Laut Kidul
.
Di Kab. Cianjur :
.
1. Embah Dalam Cikundul Wiratanudatar
2. Aom Djamhur
3. Abah Sera
4. Abah Madi
5. Abah Kardi
6. Abah Kalong
7. Abah Kando
.
Di Kab. Sumedang :
.
1. Embah Djaka Raksa
2. Embah Djoko Perkasa
.
Di Kab. Garut :
.
1. Sunan Rahmat Leuweung Sancang Gadog Suci (Prabu Kean Santang)
2. Abah Madi
3. Abah Kari
4. Syah Abdul Muhyi – Pamijahan Tasikmalaya – Garut – Gosong Suci – syeh Djafar Sidik
.
Di Kab. Cirebon :
.
1. Susuhunan Kasepuhan
2. Susuhunan Kenoman
3. Susuhunan Cirebonan (Sunan Kecirebonan)
4. Syeh Syarief Hidayatullah (Syeh Mudaim)
5. Syeh Saikodirjaelani
6. Nyi MAs Panatagama
.
Di Seda Palembang :
1. Pangeran Maulana Muhammad
2. Pangeran Basisir
.
Di Banten :
.
1. Maulana Hasanudin – Mesjid Agung
2. Maulana Yusuf – Kasuniatan
3. Maulana Mansyur – Cikaduan
4. Syeh Asnawi – Caringin Labuhan Banten
.
Di Madura :
.
1. Maulana Malik Ibrahim – Bangkalan (Madura)
2. Maulana Magribi – Pemakasan
.
Guru – Guru Cimande
.
1. Abah Haji Gaos (Abah Encun) – Tari Kolot Cimande Girang
2. Abah Haji Miftah – Tari Kolot Cimande Girang
3. Abah Haji Karim – Tari Kolot Cimande Girang
4. Abah Haji Komar – Tari Kolot Cimande Girang
5. Abah Holili -Tari Kolot Cimande Girang
6. Abah Haji Lukman (Abah Enang) – Pasir Muncang
7. Abah Boim ( Cisempur)
8. Mang Sobari – Cisalada
9. Abah Hasbuna – Ciangsana
10. Abah Syafei – Kebon Pedes
11. Bapak Kyai Djasmani – Pandeglang
12. Bapak Kyai Moch, Yusuf – Batu Bandar Banten
13. Abah Sidik Bin enos – Tari Kolot Cimande
14. Abah Ayub Bin H. Abdul Rosyid – Cisaladana
15. Abah Haji Acih Jarkasih – Tari Kolot Cimande
16. Abah Open – Kebun Pedes
17. Abah Husin – Bojong Menteng
.
Catatan : Tentang leluhur Cimande ini dikutip dari buku catatan tahun 1961 dan disusun oleh Guru Besar Padjadjaran Cimande, Bapak H. Tb. Djamhari pada tanggal 14 September 1971.
sumbernya : http://persinasmaungbodaspsb.blogspot.com
2. Pangeran Basisir
.
Di Banten :
.
1. Maulana Hasanudin – Mesjid Agung
2. Maulana Yusuf – Kasuniatan
3. Maulana Mansyur – Cikaduan
4. Syeh Asnawi – Caringin Labuhan Banten
.
Di Madura :
.
1. Maulana Malik Ibrahim – Bangkalan (Madura)
2. Maulana Magribi – Pemakasan
.
Guru – Guru Cimande
.
1. Abah Haji Gaos (Abah Encun) – Tari Kolot Cimande Girang
2. Abah Haji Miftah – Tari Kolot Cimande Girang
3. Abah Haji Karim – Tari Kolot Cimande Girang
4. Abah Haji Komar – Tari Kolot Cimande Girang
5. Abah Holili -Tari Kolot Cimande Girang
6. Abah Haji Lukman (Abah Enang) – Pasir Muncang
7. Abah Boim ( Cisempur)
8. Mang Sobari – Cisalada
9. Abah Hasbuna – Ciangsana
10. Abah Syafei – Kebon Pedes
11. Bapak Kyai Djasmani – Pandeglang
12. Bapak Kyai Moch, Yusuf – Batu Bandar Banten
13. Abah Sidik Bin enos – Tari Kolot Cimande
14. Abah Ayub Bin H. Abdul Rosyid – Cisaladana
15. Abah Haji Acih Jarkasih – Tari Kolot Cimande
16. Abah Open – Kebun Pedes
17. Abah Husin – Bojong Menteng
.
Catatan : Tentang leluhur Cimande ini dikutip dari buku catatan tahun 1961 dan disusun oleh Guru Besar Padjadjaran Cimande, Bapak H. Tb. Djamhari pada tanggal 14 September 1971.
sumbernya : http://persinasmaungbodaspsb.blogspot.com
silat syahbandar
Silat Syahbandar di Indonesia banyak
di kenal dengan banyak sebutan, diantaranya banyak yang menyebutnya Gerak
Sabandar, Gerak Panca Tunggak, Jurus Lima. Dan Silat Syahbandar saat ini menjadi
dasar / aliran dari berbagai Perguruan Pencak Silat di Indonesia.
Asal muasal dari Silat Syahbandar ini berawal dari seorang Pendekar Silat dari Pagaruyung, yaitu Moh. Kosim Ama Sabandar yang di lahirkan pada tahun 1766 di pagaruyung (Minangkabau Timur) dan meninggal pada tahun 1880 dan dimakamkan di wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat. Bahwasanya dalam aliran2 silat Minang terdapat aliran silat tenaga dalam, beliau menyebutnya lebih tepat dengan istilah tenaga batin. Di Minang metode tersebut dikenal dengan nama Ilmu Gayung. Ilmu Gayung ada dua jenis yaitu Gayung Lahir dan Gayung Batin (gayung bersambut dan gayung tak bersambut ). Silat Minang itu dirangkum dari 4 aliran : – Silat Harimau Campo, yg berasal dari Champa – Silat Kucieng Siam, yg berasal dari Siam – Silat Kambieng Utan, yg berasal dari Bhutan – Silat Anjueng Mualiem , yg berasal dari Persia. Yang kemudian oleh Nini Datuk Suri Dirajo dipoles dan disempurnakan menjadi Silek Tuo pada sekitar tahun 1190 M. … Next …
Asal muasal dari Silat Syahbandar ini berawal dari seorang Pendekar Silat dari Pagaruyung, yaitu Moh. Kosim Ama Sabandar yang di lahirkan pada tahun 1766 di pagaruyung (Minangkabau Timur) dan meninggal pada tahun 1880 dan dimakamkan di wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat. Bahwasanya dalam aliran2 silat Minang terdapat aliran silat tenaga dalam, beliau menyebutnya lebih tepat dengan istilah tenaga batin. Di Minang metode tersebut dikenal dengan nama Ilmu Gayung. Ilmu Gayung ada dua jenis yaitu Gayung Lahir dan Gayung Batin (gayung bersambut dan gayung tak bersambut ). Silat Minang itu dirangkum dari 4 aliran : – Silat Harimau Campo, yg berasal dari Champa – Silat Kucieng Siam, yg berasal dari Siam – Silat Kambieng Utan, yg berasal dari Bhutan – Silat Anjueng Mualiem , yg berasal dari Persia. Yang kemudian oleh Nini Datuk Suri Dirajo dipoles dan disempurnakan menjadi Silek Tuo pada sekitar tahun 1190 M. … Next …
SEJARAH PERSILATAN JURUS LIMA
Persilatan Jurus Lima atau yg biasa
dikenal dengan Jurus Syahbandar dikenal dengan beberapa nama antara lain;
Langkah Empat(langkah ampek), Jalan lima, Gerak Anu Opat Kalima Pancer, Gerak
Sabandar, Gerak Asror, Gerak Panca Tunggal,dll.
Dahulu dikenal sebagai kepandaian atau kelihaian dari Moh. Kosim Ama Sabandar , berasal dari Pagaruyung Sumatra Barat.
Dahulu dikenal sebagai kepandaian atau kelihaian dari Moh. Kosim Ama Sabandar , berasal dari Pagaruyung Sumatra Barat.
Sementara itu menurut penyelidikanku
secara langsung ke Bukit Tinggi-Padangpanjang-Batusangkar, yg mana dalam hal
ini aku sangat dibantu sekali oleh Bpk.Drs.Mid Djamal
(Dosen ASKI Padangpanjang) . Aku mendapatkan banyak keterangan yang menarik tentang aliran2 silat/pentjak Minangkabau. Berhubung Beliau adalah jg penulis dari sebuah buku yang berjudul “Aliran2 Silat Minangkabau”.
(Dosen ASKI Padangpanjang) . Aku mendapatkan banyak keterangan yang menarik tentang aliran2 silat/pentjak Minangkabau. Berhubung Beliau adalah jg penulis dari sebuah buku yang berjudul “Aliran2 Silat Minangkabau”.
Bahwasanya dalam aliran2 silat Minang
terdapat aliran silat tenaga dalam, beliau menyebutnya lebih tepat dengan
istilah tenaga batin. Di Minang metode tersebut dikenal dengan nama Ilmu
Gayung. Ilmu Gayung ada dua jenis yaitu Gayung Lahir dan Gayung Batin (gayung
bersambut dan gayung tak bersambut ).
Silat Minang itu dirangkum dari “4
aliran” :
– Silat Harimau Campo, yg berasal dari Champa
– Silat Kucieng Siam, yg berasal dari Siam
– Silat Kambieng Utan, yg berasal dari Bhutan
– Silat Anjueng Mualiem , yg berasal dari Persia.
– Silat Harimau Campo, yg berasal dari Champa
– Silat Kucieng Siam, yg berasal dari Siam
– Silat Kambieng Utan, yg berasal dari Bhutan
– Silat Anjueng Mualiem , yg berasal dari Persia.
Yang kemudian oleh Nini Datuk Suri
Dirajo dipoles dan disempurnakan menjadi Silek Tuo pada sekitar tahun 1190 M.
RIWAYAT HIDUP MOH.KOSIM AMA SABANDAR
Dilahirkan pada tahun 1766 di
Pagaruyung (Minangkabau Timur), meninggal pada tahun 1880 dimakamkan di
Wanayasa, Purwakarta, Jawa-Barat. Berarti umurnya mencapai 114 thn.
Menurut keterangan dari Bpk.Letkol
Ckh. Abdur Rauf,SH ( Sesepuh Pusaka Paguron Cikalong / PPC / Cianjur) Beliau
pernah mendengar keterangan dari para Sesepuh Cikalong terdahulu bahwasanya Moh
Kosim itu diusir dari Pagaruyung karena mengajarkan Silat Pusako kepada orang
kebanyakan / masyarakat awam yg bukan Bangsawan atau keluarga kerajaan.
Diceritakan pula pada masa itu,
beliau Moh Kosim adalah seorang pemuda bangsawan
Yang punya kegemaran berlomba perahu dengan orang kebanyakan, pergaulannya sehari-hari sangat dekat dengan masyarakat bawah.
Apalgi masa itu banyak terjadi ketidak adilan dan kesemena-menaan yg dilakukan oknum2 penguasa kerajaan terhadap rakyatnya.
Sehingga atas dasar itulah mengapa seorang pemuda bangsawan kerajaan, menjadi terketuk hatinya untuk mengajarkan pusako pentjak, yang menjadi symbol kebanggaan yg sangat diimpi2kan setiap pemuda minang. Sehingga semakin ramailah para pemuda minang yang belajar pentjak, dan hal ini kemudian menjadi santer terdengar pihak oknum2 kerajaan yg menjadi terganggu dan merasa khawatir terancam secara tak langsung, karena mulai menyebabkan perlawanan secara tak langsung dari masyarakat.
Yang punya kegemaran berlomba perahu dengan orang kebanyakan, pergaulannya sehari-hari sangat dekat dengan masyarakat bawah.
Apalgi masa itu banyak terjadi ketidak adilan dan kesemena-menaan yg dilakukan oknum2 penguasa kerajaan terhadap rakyatnya.
Sehingga atas dasar itulah mengapa seorang pemuda bangsawan kerajaan, menjadi terketuk hatinya untuk mengajarkan pusako pentjak, yang menjadi symbol kebanggaan yg sangat diimpi2kan setiap pemuda minang. Sehingga semakin ramailah para pemuda minang yang belajar pentjak, dan hal ini kemudian menjadi santer terdengar pihak oknum2 kerajaan yg menjadi terganggu dan merasa khawatir terancam secara tak langsung, karena mulai menyebabkan perlawanan secara tak langsung dari masyarakat.
Kemudian akhirnya terjadi
perselisihan paham antara Moh Kosim dengan keluarganya yaitu mengenai masalah
“peraturan pentjak”. Moh Kosim dianggap keluarganya telah menyalahi peraturan,
karena tak boleh mengajarkan pusako kepada orang kebanyakan.
Dan karenanya ( juga akibat fitnah dan gosokan dari oknum penguasa ) diambillah keputusan hukuman baginya, diusir dari Pagaruyung.
Sehingga pelajaran pentjak kepada orang kebanyakan menjadi tak selesai dan tak sempurna, sehingga bukan merupakan ancaman lagi bagi oknum penguasa untuk melanjutkan penindasanya kepada kaum lemah.
Dan karenanya ( juga akibat fitnah dan gosokan dari oknum penguasa ) diambillah keputusan hukuman baginya, diusir dari Pagaruyung.
Sehingga pelajaran pentjak kepada orang kebanyakan menjadi tak selesai dan tak sempurna, sehingga bukan merupakan ancaman lagi bagi oknum penguasa untuk melanjutkan penindasanya kepada kaum lemah.
Dalam kepiluan hatinya terusir dan
pergi meninggalkan kampung halamannya, Moh Kosim naik kapal kompeni, menuju ke
Batavia.
Di kapal terjadilah suatu kejadian yang tidak diduga, entah karena sebab apa, terjadilah pertarungan antara Moh Kosim melawan salah satu jagoan kompeni. Dengan hanya satu kali gerakan saja , pecahlah kepala jagoan kompeni itu dihantam memakai lutut kaki.
Di kapal terjadilah suatu kejadian yang tidak diduga, entah karena sebab apa, terjadilah pertarungan antara Moh Kosim melawan salah satu jagoan kompeni. Dengan hanya satu kali gerakan saja , pecahlah kepala jagoan kompeni itu dihantam memakai lutut kaki.
Diceritakan selanjutnya sesampainya
di Batavia, Moh kosim terlunta-lunta tak punya kegiatan dan pekerjaan berjalan
tanpa arah dan tujuan mengikuti langkah kaki saja sehingga akhirnya sampailah
di suatu tempat Desa Karang Tengah Cianjur.
Disanalah beliau ada yg memanggilnya, yaitu pemilik perkebunan / tuan tanah , R.H.Enoch untuk dipekerjakan sebagai centeng menjaga danau dan perkebunan kelapa.
Disanalah beliau ada yg memanggilnya, yaitu pemilik perkebunan / tuan tanah , R.H.Enoch untuk dipekerjakan sebagai centeng menjaga danau dan perkebunan kelapa.
Kemudian saat menjalankan tugasnya
inilah terjadi lagi pertarungan berkali-kali antara pemuda minang ini melawan
gerombolan perompak dan pengacau, yang selalu berakhir dengan tewasnya para
perompak tersebut. Menjadi berita yg menggegerkan dilingkungan tersebut sehingga
menjadi perhatian R.H.Enoch.
Memanglah dari sejak awal RH Enoch
memanggil Moh Kosim, telah melihat ada sesuatu yang lain dari sikap tutur
bahasa dan penampilannya. Dan peristiwa demi peristiwa yang terjadi di
perkebunan telah memancing RH Enoh untuk menanyakan siapakah sebenarnya Moh
Kosim.
Sehingga terbukalah jati diri seorang Pemuda Bangsawan Dari Pagaruyung.
Dan menurut keterangan selanjutnya, atas dasar inilah kemudian Moh Kosim diangkat mantu dinikahkan dengan puteri RH Enoh. Dan juga RH Enoh ikut mempelajari pentjak minang, serta Moh Kosim dijadikan sebagai guru pentjak untuk mengajarkan kepada sanak kerabat RH Enoh.
Sehingga terbukalah jati diri seorang Pemuda Bangsawan Dari Pagaruyung.
Dan menurut keterangan selanjutnya, atas dasar inilah kemudian Moh Kosim diangkat mantu dinikahkan dengan puteri RH Enoh. Dan juga RH Enoh ikut mempelajari pentjak minang, serta Moh Kosim dijadikan sebagai guru pentjak untuk mengajarkan kepada sanak kerabat RH Enoh.
Mengenai postur tubuh perawakan Moh
Kosim ialah dikatakan sebagai jangkung tinggi gede , tatapan mata dan
pandangannya agung, berdada bidang tegap, dan tubuhnya kuat luar biasa. Adat
tabiatnya sabar, sangat welas asih jika mengajar silat dan menghadapi
murid-muridnya. Namun sangat teguh,tegas,dan sangat keras bila menghadapi
bahaya dan menghadapi perusuh pengacau.
Dan dikatakan lagi sangat tinggi ilmu kebatinannya.
Bila melaksanakan pentjak tak pernah berlaku curang, jk berlaku demikian
Lagi pasti akan banyak yang celaka dan mati karena ulahnya.
Dan dikatakan lagi sangat tinggi ilmu kebatinannya.
Bila melaksanakan pentjak tak pernah berlaku curang, jk berlaku demikian
Lagi pasti akan banyak yang celaka dan mati karena ulahnya.
Bila mengajarkan pentjak kepada
murid2nya, berhubung keadaan fisik dan tenaganya yang sangat terlalu keras,
maka beliau mengajarkannya secara lemes.
Karena kemasyhuran namanya inilah
dikatakan menjadi sebab tertariknya Abang Kari dan Abang Mahdi serta Mbah Khaer
untuk saling ber “Silaturrahmi”
Dalam artian saling “bersilat”. Dan ini kejadiannya diceritakan sangat tak masuk akal, ada yg mengatakan terjadilah pertarungan diantara sesama mereka selama 3 hari berturut-turut, bahkan ada yang mengatakan sampai 7 hari.
Dan kesudahannya, “tiada yang kalah dan tiada yang menang”.
Dan menjadi penyebab terjalinnya persahabatan persaudaraan yg erat diantara mereka.
Dalam artian saling “bersilat”. Dan ini kejadiannya diceritakan sangat tak masuk akal, ada yg mengatakan terjadilah pertarungan diantara sesama mereka selama 3 hari berturut-turut, bahkan ada yang mengatakan sampai 7 hari.
Dan kesudahannya, “tiada yang kalah dan tiada yang menang”.
Dan menjadi penyebab terjalinnya persahabatan persaudaraan yg erat diantara mereka.
SPESIFIKASI MANFAAT, FILOSOFIS,
JURUS LIMA SYAHBANDAR.
Sebenarnya , masih banyak misteri
yang melingkupi jurus lima Syahbandar.
Berikut ini adalah penjelasan sedikit2 dari hasil dialog kepada beberapa orang pendekar Syahbandar yang kemudian (mohon maaf) diramu berdasarkan pencerahan penulis pribadi yg didapat dari kemurahan Allah SWT.
Berikut ini adalah penjelasan sedikit2 dari hasil dialog kepada beberapa orang pendekar Syahbandar yang kemudian (mohon maaf) diramu berdasarkan pencerahan penulis pribadi yg didapat dari kemurahan Allah SWT.
Saya menghimbau kepada seluruh
praktisi dan penerus syahbandar untuk menghayati jurus lima dalam latihannya,
merenungkannya, mendiskusikannya, dan ikut mencari pemecahan misteri jurus lima
Syahbandar. Mudah-mudahan hal tersebut akan menambah kemajuan bagi diri dan
perguruan untuk pengamalan di masyarakat dan sambil terus menerus memohon ridho
Allah.
Perlu diketahui bahwa saat ini di
Jawa Barat saja banyak sekali para Pendekar Syahbandar yang hanya memakai jurus
lima saja sebagai pegangannya dan juga pengajarannya. Bahkan, bila kita ingin
dan kemudian minta diajarkan jurus lima tersebut akan sangat susah sekali
mendapatkannya.
Bila kemudian telah didapat,
kemudian belajar jurus2nya selanjutnya kita akan dibiarkan dalam kebingungan
bagaimana cara untuk mempraktekannya dan memanfaatkannya dalam perkelahian.
Atau bila dirasa sudah mendapatkan pencerahan akibat latihan dan praktek
lapangan, dan sering kali timbul sesuatu berupa keanehan dan keajaiban.
Kemudian terjadi pertentangan nurani, bagaimana kok bisa terjadi keanehan,
apakah ada peran serta jin didalamnya ataukah memang hasil latihan tenaga murni
manusia?,
Mungkin untuk sementara dapatlah
diambil kesimpulan adalah bahwa semakin didalami
Jurus lima itu semakin kita merasakan banyaknya rahasia dan misteri yang terkandung didalamnya.
Oleh karena itu sebaiknya kita syukuri saja akan nikmat anugerah Allah ini, bila kita berhasil menemukan sekelumit manfaat dan pencerahannya, semoga dengan itu Allah SWT berkenan untuk membimbing kita dan memberikan ridhoNya kepada Jati Diri kita masing-masing.
Jurus lima itu semakin kita merasakan banyaknya rahasia dan misteri yang terkandung didalamnya.
Oleh karena itu sebaiknya kita syukuri saja akan nikmat anugerah Allah ini, bila kita berhasil menemukan sekelumit manfaat dan pencerahannya, semoga dengan itu Allah SWT berkenan untuk membimbing kita dan memberikan ridhoNya kepada Jati Diri kita masing-masing.
JURUS KESATU SYAHBANDAR
Dikenal juga dengan istilah Keupeul,
atau jurus Pancer. Maksudnya adalah jurus ini merupakan inti dari semua jurus.
Jurus ini adalah jurs Isi Pengisian. Dari jurus inilah kemudian menjadi jalan
bagi jurus yg lainnya. Dengan rumusan kata-katanya adalah Isi Satu salurkan
Dua-Tiga-Empat-Lima. Atau Isi Satu salurkan Dua, tarik Tiga, liliwatan empat,
angkat jatohan Lima.
Jurus Satu menjadi inspirasi jurus
lainnya adalah demikian. Bila kita memohon kepada Allah SWT maka kita
tengadahkan kedua tapak tangan keatas seperti berdo`a, saat itu rasakanlah kita
mendapat suatu getaran yang kemudian kita ambil dengan menariknya perlahan
posisi tapak tangan menjadi mengepal menuju kedada, dan turun sedikit kearah
perut. Inilah yg disebut kejadian jurus satu dan pengisiannya. Pengisian
getaran Ilahiah.
Dalam keterangan ma`rifat dijelaskan, jika memang sudah meresap maka jurus satu ini akan mampu menimbulkan bentuk lapisan hijab mencapai 11.000 hijab kedepan belakang kanan dan kiri (lebih kurang mencapai radius 220m)
Dalam keterangan ma`rifat dijelaskan, jika memang sudah meresap maka jurus satu ini akan mampu menimbulkan bentuk lapisan hijab mencapai 11.000 hijab kedepan belakang kanan dan kiri (lebih kurang mencapai radius 220m)
Dan dari sinilah kemudian sering
terjadi pencerahan2 fisik maupun batin, yg kemudian dalam prakteknya
dibuktikan, hasil melatih focus jurus ini (minimal 100x ulangan)
Selama 7 hari berturut-turut, akan mampu untuk menjadi tahan pukul, tahan sakit, tahan tendangan,tahan bacokan.
Selama 7 hari berturut-turut, akan mampu untuk menjadi tahan pukul, tahan sakit, tahan tendangan,tahan bacokan.
JURUS KEDUA SYAHBANDAR
Jurus kedua ini terjadi dari akibat
melaksanakan jurus Satu secara terus menerus rutin. Prosesnya demikian , bila
kita terus menerus mengisi diri, maka diri kita akan penuh dengan getaran.
Getaran ini akan luber dan mencari jalan untuk keluar/mengalir (mirip ya dengan
porinsip Hukum Thermodinamika II). Proses penyaluran inilah yang menjadi jurus
Kedua Syahbandar. Dan ini sangat sesuai dengan prinsip2 “Menerima maka
berakibat akan memberi” atau “Memberi maka berakibat akan menerima”.
Apa-apa yang kita dapatkan maka kita amalkan, apa-apa yg kita terima ada diantara bagian itu yg harus disedekahkan. Jadi hidup kita ini jangan menjadi orang yg menerima saja, tapi harus juga memberi.
Jurus kedua ini juga merupakan sikap mental Tauhid, yaitu dari sikap meolak kemungkaran, kejahatan, dll.
Apa-apa yang kita dapatkan maka kita amalkan, apa-apa yg kita terima ada diantara bagian itu yg harus disedekahkan. Jadi hidup kita ini jangan menjadi orang yg menerima saja, tapi harus juga memberi.
Jurus kedua ini juga merupakan sikap mental Tauhid, yaitu dari sikap meolak kemungkaran, kejahatan, dll.
JURUS KETIGA SYAHBANDAR
Jurus ketiga ini terjadi seperti
pada prinsip yg telah diterangkan pada jurus kedua yaitu bahwa bila kita
memberi maka berakibat kita akan menerima atau menarik imbalannya. Karena kita
juga butuh penerimaan.
Namun jurus ketiga ini dalam praktek dapat disebutkan sebagai pancingan
Sebagai jurus yg menyembunyikan jurus yg lain/ yg disembunyikan keluarnya
Dan dapat menjadi jurus eksekusi.
Namun jurus ketiga ini dalam praktek dapat disebutkan sebagai pancingan
Sebagai jurus yg menyembunyikan jurus yg lain/ yg disembunyikan keluarnya
Dan dapat menjadi jurus eksekusi.
JURUS KEEMPAT SYAHBANDAR
Jurus ini dikenal sebagai liliwatan.
Inilah dalam aplikasi beladiri yg paling banyak dikembangkan dan digabungkan
kepada Kari dan Mahdi.
Keunikan jurus ini ialah dalam prakteknya mampu untuk manipulasi tenaga lawan bukan dengan tenaga kita, melainkan dengan tenaga lawan itu sendiri melalui prinsip meliwatkan. Dan menimbulkan ketidakseimbangan pada gerakan lawan.
Keunikan jurus ini ialah dalam prakteknya mampu untuk manipulasi tenaga lawan bukan dengan tenaga kita, melainkan dengan tenaga lawan itu sendiri melalui prinsip meliwatkan. Dan menimbulkan ketidakseimbangan pada gerakan lawan.
Terjadinya jurus empat ini adalah
akibat dari gerakan2 tarik tolak-tolak tarik,
Menimbulkan perputaran energi atau gerakan2 memutar/melingkar/rotasi.
Menimbulkan perputaran energi atau gerakan2 memutar/melingkar/rotasi.
JURUS KELIMA SYAHBANDAR
Jurus ini dinamakan juga dengan
istilah angkat junjung. Terjadinya jurus ini bisa dilihat dari fenomena daya
liliwatan/perputaran. Untuk gerak rotasi itu terbagi dua. Seperti pada
sentrifugal dan sentripetal. Maksudnya akibat dari gerakan putar menyebabkan
arah perputaran naik keatas(layaknya angin puting beliung). Atau gerakan putar
yang menjatuhkan/menarik kebawah (layaknya pusaran air).
Pada gerakan yang kelima inilah
kemudian diambil maknya akan filosofi peningkata iman dan taqwa dan bukannya
peningkatan keatas menjadi sombong, angkatlah derajat, martabat diri dan orang
lain.
Jurus kelima menjadi makna pujian,
jika kita mengangkat-angkat (memuji) orang, yang berakibat oramg itu jadi
sombong, mk akan dimakan oleh siapa saja yang tak akan tahan melihat
kesombongannya. Inilah makna jurus kelima untuk memberi pelajaran kepada
orang-orang yg zholim.
KLASIFIKASI,PENERANGAN,TARGET,&PERKEMBANGAN
JURUS LIMA
1.Jurus Syahbandar
-Jurus Tunggal:
-Jurus tunggal Pancer (yaitu jurus
1)
-Jurus tunggal tolak (yaitu jurus 2,4,5)
-jurus tunggal tarik (yaitu jurus 3)
-Jurus tunggal tolak (yaitu jurus 2,4,5)
-jurus tunggal tarik (yaitu jurus 3)
-Jurus Gabungan:
-Gabungan lima inti
-Gabungan lima inti acak
-Syahbandar Kari Mahdi Keras (17 jurus)
-Syahbandar Kari Mahdi Halus (21, 22, 25, jurus)
-Tangtung Alif
-Gabungan lima inti acak
-Syahbandar Kari Mahdi Keras (17 jurus)
-Syahbandar Kari Mahdi Halus (21, 22, 25, jurus)
-Tangtung Alif
-Jurus Rasa:
-Gerak Rasa Sejati
-Silat Sejati
-Gerak Hadiran
-Gerak Ma`rifat
-Silat Sejati
-Gerak Hadiran
-Gerak Ma`rifat
2.Variasi Langkah Kaki:
-Langkah hentak (sisi luar telapak)
-langkat sered gusur
-langkah seret C
-langkah seret hentak
-langkah kesot
-langkat sered gusur
-langkah seret C
-langkah seret hentak
-langkah kesot
3.Pernafasan:
-nafas tahan pada perut (prinsip Hu-Allah)
-nafas tahan pada dada dan perut
-nafas tolak pada dada dan perut
-tembakan sanalika
-nafas tahan pada perut (prinsip Hu-Allah)
-nafas tahan pada dada dan perut
-nafas tolak pada dada dan perut
-tembakan sanalika
4.Inti Kekuatan / Tenaga
Sangat diyakini oleh para praktisi dan guru Syahbandar bahwa manusia itu kelemahannya pada perut, tetapi justeru kelebihan/kekuatan tenaga juga terdapat dari perut.
Sangat diyakini oleh para praktisi dan guru Syahbandar bahwa manusia itu kelemahannya pada perut, tetapi justeru kelebihan/kekuatan tenaga juga terdapat dari perut.
5.Etika Syahbandar
Ilmu Syahbandar diajarkan melalui proses ikatan bathiniah antara guru dan murid.
Tidak bisa dipelajari sendiri tanpa petunjuk guru, kecuali mendapat Wisik langsung
Dari Allah SWT, melalui Ruhaniah Guru2 terdahulu..
Ilmu Syahbandar diajarkan melalui proses ikatan bathiniah antara guru dan murid.
Tidak bisa dipelajari sendiri tanpa petunjuk guru, kecuali mendapat Wisik langsung
Dari Allah SWT, melalui Ruhaniah Guru2 terdahulu..
Para praktisi Syahbandar sejati
tidak akan pernah berniat untuk secara sengaja merusak dan membunuh lawan.
Tetapi berusaha untuk mengikuti ajaran luhur Syahbandar yaitu
“Menjatuhkan lawan untuk menyadarkannya”.
Oleh karena itu jika terpaksa akhirnya terjadi kerusakan dan kematian, maka kembalikanlah kesadaran prinsip kepada Surah Al Anfal:17
Yang artinya:
“Dan sekali-kali bukanlah engkau yang membunuh tetapi Akulah Allah yang membunuh, dan sekali-kali bukanlah engkau yang melontar tetapi Akulah Allah yg melontarnya.”
“Menjatuhkan lawan untuk menyadarkannya”.
Oleh karena itu jika terpaksa akhirnya terjadi kerusakan dan kematian, maka kembalikanlah kesadaran prinsip kepada Surah Al Anfal:17
Yang artinya:
“Dan sekali-kali bukanlah engkau yang membunuh tetapi Akulah Allah yang membunuh, dan sekali-kali bukanlah engkau yang melontar tetapi Akulah Allah yg melontarnya.”
Dan kita harus meyakini bahwa tenaga
dalam/tenaga batin itu adalah dari Allah, milik Allah, dan untuk jalan Allah.
Apa-apa yang kita lakukan dalam rangka memperoleh, memanfaatkan, dan merawat tenaga dalam itu hanyalah sekedar syareat saja, hakikatnya adalah kembali kepada Allah saja.
Apa-apa yang kita lakukan dalam rangka memperoleh, memanfaatkan, dan merawat tenaga dalam itu hanyalah sekedar syareat saja, hakikatnya adalah kembali kepada Allah saja.
Seorang murid jika telah dirasa
cukup pelajaran jurus2nya, maka akan mendapatkan restu dari guru yaitu berupa
“pengisian” (pembangkitan Rasa) melalui do`a2, atau langsung antara guru dan
murid melakukan “jual-beli” (jajal rasa) dan ririungan selamatan
Setelah sebelumnya itu disarankan kepada murid untuk berpuasa sunnah lillahi ta`ala.
Setelah sebelumnya itu disarankan kepada murid untuk berpuasa sunnah lillahi ta`ala.
6.Zikir
Aurod Rahasia
Yaitu bacaan dalam bentuk Ayat dan Mantera, yg isinya menyangkut inti rahasia gerak
Dan jalannya tenaga khas Syahbandar
Aurod Rahasia
Yaitu bacaan dalam bentuk Ayat dan Mantera, yg isinya menyangkut inti rahasia gerak
Dan jalannya tenaga khas Syahbandar
Zikir Bergerak,
zikir bergerak ialah bacaan asma` yg dibaca dalam hati tatkala melaksanakan jurus;
zikir bergerak ialah bacaan asma` yg dibaca dalam hati tatkala melaksanakan jurus;
- Zikir Asmak Lima
– Zikir Khofi
– Zikir Nafi Itsbat
– Zikir Ismuz Zat
– Zikir Khos Sirri
– Zikir Khofi
– Zikir Nafi Itsbat
– Zikir Ismuz Zat
– Zikir Khos Sirri
7.Target Syahbandar
Target Fisik:
Menguasai dan mendapatkan Sanalika, sesuai pemahaman dan kondisi masing-masing.
Menguasai dan mendapatkan Sanalika, sesuai pemahaman dan kondisi masing-masing.
Target Batin:
Penguasaan Rasa dan Tangtungan Alif
Penguasaan Rasa dan Tangtungan Alif
Jati Diri:
Menemukan bentuk geraknya dan jalannya diri sejati dalam rangka pengamalan untuk mendapatkan ridho Allah semata.
Menemukan bentuk geraknya dan jalannya diri sejati dalam rangka pengamalan untuk mendapatkan ridho Allah semata.
8.Sasaran tembakan Syahbandar
Sasaran khusus:
– rangkai jantung, – rangkai limpa, -rangkai hati
Sasaran khusus:
– rangkai jantung, – rangkai limpa, -rangkai hati
Sasaran umum:
– Paru2 kanan dan kiri
– Pangkal paha kanan dan kiri
– Urat leher kanan dan kiri
– Lekuk tenggorokan
– Pangkal lengan kanan dan kiri
– Puser
– Siku lengan kanan dan kiri
– Ulu hati
– Daerah persendian/sambungan tulang pada seluruh tubuh
– Bebas , dimana saja yg terkena.
– Paru2 kanan dan kiri
– Pangkal paha kanan dan kiri
– Urat leher kanan dan kiri
– Lekuk tenggorokan
– Pangkal lengan kanan dan kiri
– Puser
– Siku lengan kanan dan kiri
– Ulu hati
– Daerah persendian/sambungan tulang pada seluruh tubuh
– Bebas , dimana saja yg terkena.
9.Jual-beli / ban-banan Syahbandar
Ban-banan Fisik:
– saling mengadu dengan menggunakan jurus syahbandar, namun masih bersifat kelit atau menjatuhkan lawan dengan memanipulasi tenaga lawan itu sendiri.
– Mampu menjatuhkan lawan dengan sedikit gerakan disertai kepekaan rasa
– Mampu memukul hanya dengan jarak sejengkal.
– Mampu memukul walaupun dalam keadaan menempel dan tanpa jarak lagi.
– Jual beli dengan menggunakan tenaga dalam/tenaga batin
Ban-banan Fisik:
– saling mengadu dengan menggunakan jurus syahbandar, namun masih bersifat kelit atau menjatuhkan lawan dengan memanipulasi tenaga lawan itu sendiri.
– Mampu menjatuhkan lawan dengan sedikit gerakan disertai kepekaan rasa
– Mampu memukul hanya dengan jarak sejengkal.
– Mampu memukul walaupun dalam keadaan menempel dan tanpa jarak lagi.
– Jual beli dengan menggunakan tenaga dalam/tenaga batin
Ban-banan Batin (ilmu senteran
bathin)
Menggunakan jurus hanya dalam hati, menjatuhkan lawan cukup dengan menyenter jalur-jalur jalannya tenaga pada tubuh, baik dengan menggunakan isyarat tangan atau cukup dalam bayangan (ma`rifat)., dilakukan baik berhadapan maupun secara tidak berhadapan langsung (jarak jauh).
Menggunakan jurus hanya dalam hati, menjatuhkan lawan cukup dengan menyenter jalur-jalur jalannya tenaga pada tubuh, baik dengan menggunakan isyarat tangan atau cukup dalam bayangan (ma`rifat)., dilakukan baik berhadapan maupun secara tidak berhadapan langsung (jarak jauh).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar